1993-1997

sej93-97.gif

Sejarah 1993

Pada Januari, penari balet Rusia, Rudolf Nureyev, meninggal dunia karena AIDS. Pada Februari, petenis Arthur Ashe juga meninggal dunia, kurang dari setahun setelah pengumuman bahwa ia terinfeksi HIV. Sebuah penelitian yang dilakukan di Eropa yang disebut Concorde, menemukan bahwa AZT ternyata bukan terapi yang bermanfaat untuk Odha yang belum mengembangkan gejala.

Sejarah 1994

Derek Jarman, seorang sutradara film, meninggal dunia karena AIDS, dan aktor Tom Hanks memenangkan piala Oscar untuk perannya sebagai seorang pria gay dengan AIDS dalam film Philadelphia. Sebuah penelitian, ACTG 076, menunjukkan bahwa AZT mengurangi dua pertiga risiko penularan HIV dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya.

AIDS menjadi penyebab utama kematian di antara orang Amerika yang berusia antara 25-44 tahun. 400.000 orang di AS mengembangkan AIDS sejak 1981, dan lebih dari 250.000 orang telah meninggal dunia.

Pada akhir tahun ini di Indonesia, secara kumulatif sudah dilaporkan 275 infeksi HIV, dengan 208 di antaranya AIDS. 100 di antaranya adalah WNA. 203 adalah laki-laki, 68 perempuan, 4 tidak diketahui. Jalur penularan: 69 homoseks, 160 heteroseks, 2 IDU, 2 transfusi darah, 2 hemofilia dan 40 tidak diketahui.

Sejarah 1995

95pil.gif

Penelitian Delta merupakan penelitian klinis besar terhadap terapi kombinasi antiretroviral. Pada September 1995 hasil penelitiannya menunjukkan bahwa perpaduan AZT dengan ddI dan ddC memberikan perbaikan besar dalam pengobatan dibandingkan dengan AZT sendiri. Keberhasilan dari pendekatan ini dinyatakan oleh penelitian lain dan pengobatan dengan terapi kombinasi rangkap menjadi pendekatan baku pada pengobatan.

FDA menyetujui penggunaan saquinavir, obat pertama dari kelompok antiretroviral baru Protease Inhibitor. FDA juga menyetujui penggunaan 3TC dalam kombinasi dengan AZT, dan menjelang akhir tahun saquinavir telah disetujui untuk dipakai dalam kombinasi dengan kelompok antiretroviral analog nukleosida.

Hingga Mei, 49 orang tercatat meninggal karena AIDS di Indonesia.

Selama beberapa tahun WHO telah memimpin program internasional terhadap AIDS. Namun, WHO semakin dikecam karena terlalu sedikit perlakuan pada tingkat akar rumput dan terlalu nyaris membidik pada masalah medis dan vaksin. Oleh karena itu, program AIDS sedunia WHO ditutup pada akhir 1995, dan diganti pada tingkat internasional oleh UNAIDS.

Sejarah 1996

unaids_96.gif

Joint United Nations Programme on AIDS (UNAIDS) mulai beroperasi pada Januari 1996. UNAIDS dirancang untuk memadukan dan mengganti usaha AIDS yang sebelumnya dikelola oleh WHO GPA, UNICEF, UNFPA, UNESCO, UNDP dan Bank Dunia.

Magic Johnson kembali aktif menjadi pemain profesional bola basket. Hanya satu bulan kemudian petinju kelas berat, Tommy Morrison, diungkapkan HIV-positif setelah dites sebelum bertarung, dan sebagai akibatnya ia dilarang untuk bertarung di seluruh dunia.

Selama 1996, semakin banyak obat disetujui FDA di AS, baik untuk digunakan sendiri, dan/atau dalam kombinasi dengan obat lain. Pengembangan pengobatan lain adalah tes viral load yang memberikan informasi tentang risiko laju penyakit.

International AIDS Candlelight Memorial diselenggarakan di 31 kota di Indonesia sebagai Malam Renungan AIDS Nusantara.

Waktu konferensi AIDS internasional di Vancouver, Kanada, dilaksanakan, mulai diketahui bahwa terapi kombinasi tiga obat, yaitu tiga obat yang dipakai bersama, kemungkinan lebih efektif daripada terapi dua obat. Tiga obat lebih mungkin menekan virus, untuk mencegah virus menggandakan dirinya sehingga mencegah pengembangan resistansi terhadap obat. Ini adalah masa rasa optimisme besar berkenaan dengan pengobatan terhadap infeksi HIV dan AIDS, tetapi masih ada sejumlah faktor dan kesulitan yang tidak diketahui. Hal ini mencakup pertanyaan berapa lama efek obat tersebut akan bertahan, efek samping obat, dan jika beberapa obat dipakai bersama, regimen rumit yang harus diikuti.

Pada akhir tahun UNAIDS melaporkan jumlah infeksi HIV baru menurun di banyak negara, sebagai akibat dari perilaku seks yang lebih aman, walaupun laju infeksi di seluruh dunia terus melonjak. Negara yang melaporkan berhasil memperlambat epidemi HIV termasuk AS, Australia, Selandia Baru, negara-negara Eropa utara dan bagian Afrika sub-Sahara.

Hospice AIDS pertama yang didirikan di San Francisco, AS, ditutup karena jumlah orang yang meninggal dunia karena AIDS menurun di AS sebagai akibat dari pengobatan baru.

Sejarah 1997

FDA menyetujui delavirdine, obat pertama dalam kelompok obat terbaru, non-nucleoside reverse transcriptase inhibitor.

Juga selama tahun ini menjadi jelas bahwa jumlah orang yang dipengaruhi efek samping obat protease inhibitor lebih besar dibanding yang dikira sebelumnya. Ini juga menjadi jelas bahwa beberapa efek samping dapat berakibat parah seiring dengan pernyataan khusus yang dikeluarkan FDA mengenai diabetes dan hyperglycemia pada pasien yang menerima protease inhibitor. Pengembangan resistansi obat juga berlanjut menjadi kekhawatiran, dengan banyak kombinasi obat baru yang benar-benar rumit dan sangat sulit untuk dipakai secara terus-menerus.

Namun, bagi banyak orang dengan HIV yang memperoleh kombinasi obat baru, dan yang dapat memakainya tanpa efek samping parah, obat baru terus membawa perpanjangan hidup serta harapan baru. Meskipun begitu, di seluruh dunia sebagian besar orang sama sekali tidak terjangkau obat antiretroviral pada 1997.

Pada akhir tahun, UNAIDS melaporkan bahwa epidemi HIV di seluruh dunia jauh lebih buruk daripada yang diperkirakan sebelumnya. Teknik surveilans yang diperbaharui mengesankan bahwa 30 juta orang hidup dengan HIV/AIDS dan 16.000 infeksi baru terjadi setiap hari.

Di seluruh dunia, satu dari 100 orang dewasa pada kelompok usia 15-49 tahun diperkirakan terinfeksi HIV; dan hanya satu dari sepuluh orang terinfeksi HIV yang mengetahui bahwa dia terinfeksi. Diperkirakan menjelang 2000, jumlah Odha akan meningkat menjadi 40 juta.

Juga diperkirakan bahwa 2,3 juta orang meninggal dunia karena AIDS pada 1997–meningkat 50% dibanding 1996. Hampir separo dari mereka yang meninggal dunia adalah wanita, dan 460.000 di antaranya anak-anak di bawah usia 15 tahun. UNAIDS melaporkan bahwa dampak penuh kematian karena AIDS dianggap baru mulai dirasakan.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: